Posted by: Cay | June 8, 2008

Roadshow ke Tangerang

Dikutip dari tulisan M. Arif Widarto di milis SMA TN:

Hari Jumat lalu Agung Wicaksono (AGW) sms aku untuk keperluan sowan Ikastara Tangerang dan mencari tahu harapan-harapan alumni di Tangerang terhadap Ikastara.

Hari Jumat aku kirim sms ke shortlisted people. Nggak ada yang konfirmasi bisa hadir. Ada konfirmasi yang masuk: (1) maaf, kerja, (2) maaf barengan sama futsal angkatan, (3) maaf ada jadwal (4) konsultasi keluarga dulu. Selebihnya tidak jawab sms.

Hari Sabtu, AGW tanya siapa saja yang siap. Aku jawab hanya aku sendiri tetapi aku masih akan hubungi yang lain. Aku sarankan AGW kontak sendiri beberapa nama dari TN3 yang belum konfirmasi. Aku sendiri mendapat satu konfirmasi dari Nofri Hermanto TN7, alhamdulillah.

Acaranya berlangsung di Bakso Lapangan Tembak Supermal Lippo Karawaci. Sebelum berangkat ada telpon dari Widiyanto dan Maulidin serta sms dari Nofri. Ketika aku sampai sudah ada AGW, Maulidin, Vresnu, Ahmad Agung, Iman, Benny dan satu lagi siapa tadi? Lupa aku. Nofri sms menanyakan tempat. Lalu Donny Irawan sms juga.

Teman-teman masih bernostalgia, ngobrol bebas. Lalu hadir Nofri disusul Widiyanto. Tidak lama menyusul Donny Irawan. Lalu Donal Panggari. Kemudian Yulpri Handri dan yang terakhir Wepi.

Karena waktu sudah semakin sore — Janjinya acara mulai 15:00 sampai 17:00 tapi prakteknya molor — aku memberikan daftar harapan Ikastara Tangerang kepada AGW yang sedang mengumpulkan masukan dari cabang-cabang atau konsentrasi alumni. Daftar itu adalah:

1. Badan Hukumkan Ikastara. Ini harga mati.
2. Buat Basis Data anggota yang Bidang SDM Ikastara sebelumnya belum mampu membuat secara sempurna.
3. Ikastara harus mulai bersuara keluar, menunjukkan eksistensinya kepada khalayak melalui swapublikasi (self-publication). Konsepnya seperti apa, aku sudah sampaikan kepada AGW.
4. Ikastara harus mulai memberikan kontribusi balik ke almamater. Kontribusi yang aku maksud tidak melulu dalam bentuk finansial. Beberapa contoh bentuk kontribusi sudah aku sampaikan.

Terhadap poin 4, AGW menyinggung beasiswa yang sudah diinisiasi dan dijalankan oleh TN6 dkk. Kepada AGW aku sampaikan pandanganku bahwa beasiswa itu kontribusinya tidak dirasakan oleh SMATN secara langsung. Maaf, bukan mengecilkan arti beasiswa itu. Beasiswa itu sangat bagus dan mulia. Namun, beasiswa itu membantu anak untuk sekolah di SMATN. Yang menerima kontribusi secara langsung adalah si anak, bukan SMATN (tentu pandangan ini debatable). Sedangkan, yang aku maksud dengan poin 4 adalah kontribusi yang memang ditujukan langsung ke SMATN. Banyak bentuknya, silakan dipikirkan.

Contoh: program satu bulan satu buku dari Ikastara Tangerang. Program sangat kecil dibandingkan beasiswa tetapi manfaatnya akan diterima langsung oleh SMATN. Bayangkan kalau ada 10 cabang aktif memiliki program yang sama, setiap bulan akan ada 10 judul buku baru di perpustakaan SMATN. Setahun akan ada 120 judul buku. Kalau ada 20 Cabang, berarti akan ada 240 buku baru setiap tahun. Kecil kalau sendiri-sendiri tetapi besar bila bersama-sama.

Aku juga berpesan kepada AGW mengenai pentingnya ikastara berswadana. Mencari sumber dana dari luar berupa permintaan sumbangan atau bantuan boleh, tetapi, seberapa pun yang bisa dikumpulkan, swadana tetap penting.

Selain itu, pesan apabila nanti AGW terpilih adalah membentuk tim yang benar-benar memiliki komitmen dan mau bekerja. Pengurus Ikastara harus menjadi sebuah working team yang solid. Masing-masing bidang harus paham jobdes-nya dan harus mampu bekerja secara mandiri sesuai tanggung jawab yang sudah dibagi.
Demikian laporan Road Show tim AGW ke Ikastara Tangerang.

Moh Arif Widarto
http://moharifwidarto.com


Leave a Reply

Categories

